Sejarah Queen, Band Legendaris Dunia

Bohemian Rhapsody, We Will Rock You, I Want to Break Free, mungkin hanya beberapa lagu dari Queen yang hingga saat ini masih kerap kali didengarkan oleh penggemarnya. Queen sendiri merupakan grup musik rock yang berasal dari Britania Raya. Band ini dibentuk pada tahun 1970 di London. Semula, band ini terdiri dari Freddie Mercury, Brian May, Roger Taylor, dan John Deacon. Karya – karya awal dari Queen dipengaruhi Rock progresif, hard rock, dan bahkan heavy metal. Namun perlahan – perlahan lagu – lagu mereka menjadi musik yang konvensional dan bersahabat dengan para pendengar radio.

Band ini sempat vakum di tahun 1990-an, karena kematian salah satu personil mereka, Freddie Mercury, di tanggal 24 November 1991 karena penyakit AIDS. Meski demikian, pada tahun 1995 Queen sempat merilis sebuah album studio dengan judul Made in Heaven.

Bagaimanakah awal mula berdirinya band fenomenal ini? Berikut penjabaran singkatnya.

Sejarah Singkat Queen

Queen terbentuk diawali dari dua orang mahasiswa yang ingin membuat band, Tim Staffell dan Brian May yang merupakan vokalis dan gitaris kala itu. Mereka melakukan audisi kepada para mahasiswa untuk menjadi drummer, lalu mereka menemukan Roger Taylor. Terbentuklah sebuah band yang pada awalnya bernama Smile. Namun sayangnya band tersebut hanya bertahan 2 tahun.

Tim Staffel memutuskan keluar dan membentuk sebuah band baru yang bernama Humpy Bong. Karena itu Freddie Mercury masuk ke Smile dan mengubah namanya menjadi Queen. Mereka lalu mencari posisi bass dan mendapat John Deacon.

Di tahun 1973, Queen merilis album bertajuk Queen dengan pengaruh dari Led Zeppelin dan The Who. Pada album ini, Queen merilis dua single, yaitu Kepp Yourself Alive dan Liar. Pada tahun berikutnya, Queen merilis album dengan judul Queen II dan singlenya Single Seven Seas of Rhye. Roger Taylor tidak menyukai nama album ini karena dianggap tidak kreatif.

Tetapi pada album kedua ini, musik dari Queen menjadi lebih heavy metal dan hard rock, namun terdapat beberapa lagu ballad dan rock opera di albumnya tersebut.

Kesuksesan yang pertama kali dirasakan oleh Queen adalah ketika di tanggal 8 September 1974 mereka merilis album ketiga mereka, yaitu Sheer Heart Attack. Kala itu salah satu single mereka, Killer Queen, berhasil terkenal hingga tingkat Internasional.

Di tahun 1975, Queen meminta bantuan kepada John Reid untuk mengatur ekonomi band yang tidak baik karena terdapat perselisihan antara band dengan Trident Studio. Kemudian mereka kembali merilis album keempat mereka, A Night at the Opera, yang dianggap sebagai album termahal yang pernah dibuat.

Hingga kini terdapat 2 anggota Queen yang masih bertahan, yaitu Brian May dan Roger Taylor. Sedangkan John Deacon meninggalkan band di tahun 1997.

Kesuksesan band ini juga didokumentasikan dengan bentuk film. Film berjudul Bohemian Rhapsody itu sendiri diangkat dari kisah nyata untuk bisa merayakan musik band rock legendaris Queen dan lebih berfokus kepada kisah Freddie Mercury, yang dikenal suka menentang tradisi dan stereotip, sampai ia menjadi salah satu penghibur yang paling dicintai di dunia.

Pemeran Freddie Mercury dalam film ini adalah Rami Malek, ia mampu membawakan Freddie Mercury dengan sangat baik dan bahkan membuat kita semakin terbawa pada film tersebut.

Dari semua lagu Queen yang sudah ada hingga saat ini, menurut kamu mana yang paling kamu suka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *