Sejarah Band Green Day

Sejarah Band Green Day

Sejak awal tahun 90-an, band yang identik dengan personil trionya, Green Day telah menjadi salah satu band paling terkenal dan sukses di dunia, menyusup ke arus utama dengan merek pop-punk mereka yang menggeram, energik, dan sangat melodik.

Sejak awal terbentuknya band ini, Green Day sudah dikenal karena jenis musik yang mengusung tema pemberontakan, sikap anarkis dari aksi punk akhir tahun 70-an, seperti The Jam dan Sham 69, tetapi meningkatkan suara ledakan mereka dengan elemen pop seperti hook yang menarik, struktur lagu yang diatur dengan ketat dan harmoni vokal Beatlesque.

Karena kombinasi yang unik dan baru ini mereka langsung membuat debut label besar pada tahun 1994, album Dookie, menjadi terobosan besar, menjadi titik masuk ke punk bagi banyak pendengar yang beranjak dewasa ketika pertama kali mendengar lagu Green Day.

Green Day muncul dari dunia punk bawah tanah di wilayah California Utara. Berteman dari masa kecil Billie Joe Armstrong (gitar, vokal) dan Mike Dirnt (bass) membentuk band pertama mereka, Sweet Children, di Rodeo, California ketika mereka berusia 14 tahun. Pada tahun 1989, grup tersebut telah menambahkan seorang drummer bernama Al Sobrante dan mengubah nama band menjadi Green Day .

Sejarah Band Green Day

Sepanjang awal tahun 90-an, Green Day terus menarik banyak perhatian dari industri musik di dunia, yang terus mendapatkan ketenaran karena merilis album kedua mereka, Kerplunk tahun 1992. Keberhasilan bawah tanah Kerplunk menyebabkan gelombang minat dari label rekaman besar, dan band ini akhirnya memutuskan untuk menandatangani kontrak dengan Reprise.

Dookie, debut label besar Green Day, dirilis secara global pada musim semi tahun 1994. Berkat dukungan situs slot gacor dari single awal “Longview,” Dookie menjadi hit besar. Album ini terus mendapatkan momentum sepanjang musim panas, dengan single keduanya, “Basket Case,” menghabiskan lima minggu di puncak tangga lagu rock modern Amerika.

Disaat Green Day berkesempatan untuk mempersembahkan penghargaan di Grammy pada awal 2009, band ini mengumumkan perilisan album kedelapan Green Day yang akan datang, yang diberi nama 21st Century Breakdown, yang telah direkam dengan produser veteran Butch Vig. Pada Mei 2009, 21st Century Breakdown dirilis, melanjutkan apa yang ditinggalkan American Idiot sebagai musiik punk rock ciri khas Green Day.

Secara mengagetkan album ini sukses secara komersial, dipekirakan telah terjual lebih dari 215.000 kopi dalam tiga hari pertama penjualannya. Pada tahun 2009, American Idiot dibuatkan musik vidionya, dan tahun berikutnya, Green Day berhasi memenangkan beberapa penghargaan musik berkat album American Idiot miliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.